Rabu, 10 November 2010

Pengambilan keputusan dalam suatu organisasi

Pengambilan keputusan sangatlah penting bagi jalannya suatu organisasi, tanpa ada keputsan suatu organisasi tidak akan jalan, seorang pemimpin suatu organisasi harus cepat tepat dalam mengambil keputusan untuk organisasinya agar menjadi lebih maju,karena keputusan adalah kebutuhan dari suatu organisasi.

kadang kala pengambilan keputusan harus dengan cara musyawarah,karena dengan musyawarah pengambilan keputusan untuk organisasi dipikirkan oleh anggota organsasi untuk kemajuan mereka juga.

ada berbagai cara mengambil keputusan diantaranya :

- Membuat keputusan secara personal oleh seorang pemimpin

suatu pemimpin adalah seorang yang tahu seluk beluk organisasi, visi misi organisasi, dia adalah orang yang paling tahu tentang organisasi ,Metode pengambilan keputusan ini seringkali digunakan oleh para pemimpin otokratik, Metode ini memiliki beberapa keuntungan, yaitu cepat, dalam arti ketika organisasi tidak mempunyai waktu yang cukup untuk memutuskan apa yang harus dilakukan.

metode ini cukup sempurna dapat diterima kalau pengambilan keputusan yang dilaksanakan berkaitan dengan persoalan-persoalan rutin yang tidak mempersyaratkan diskusi untuk mendapatkan persetujuan para anggotanya.

- Menyakan pendapat ahli

Kadang-kadang seorang anggota organisasi oleh anggota lainnya diberi predikat sebagai ahli sehingga memungkinkannya memiliki kekuatan dan kekuasaan untuk membuat keputusan. Metode pengambilan keputusan ini akan bekerja dengan baik, apabila seorang anggota organisasi yang dianggap ahli tersebut memang benar-benar tidak diragukan lagi kemampuannya dalam hal tertentu oleh anggota lainnya.

- Diskusi

Metode ini sangatlah lazim digunakan oleh organisasi pada umumnya, sebab hasil keputusan adalah kesepakatan bersama, kelemahannya adalah waktu pengambilan keputusan sangatlah lama, dikarenakan tidak semua orang sepahan dalam mengambil keputusan

- Kesepakatan

Kesepakatan atau konsensusakan terjadi kalau semua anggota dari suatu organisasi mendukung keputusan yang diambil. Metode pengambilan keputusan ini memiliki keuntungan, yakni partisipasi penuh dari seluruh anggota organisasi akan dapat meningkatkan kualitas keputusan yang diambil, sebaik seperti tanggung jawab para anggota dalam mendukung keputusan tersebut. Selain itu metode konsensus sangat penting khususnya yang berhubungan dengan persoalan-persoalan yang kritis dan kompleks.

-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar