Rabu, 29 September 2010

Pentingnya organisasi dan ciri - ciri organisasi serta unsur organisasi

Organisasi dapat diartikan sebagai sekelompok manusia untuk saling bekerjasama , dalam suatu proses organisasi juga dapat diartikan pengelompokan dalam suatu kerja sama yang efisien, organisasi sangat penting bagi kehidupan manusia pada zaman seperti ini, organisasi menurut stoner adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama , jadi manusia bisa lebih efisien dalam mengerjakan sesuatu, pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat dengan berorganisasi, adapun pemahaman lain tentang organisasi menurut james d mooney adalah perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama, jadi manusia itu membentuk serikat untuk mencapai tujuan yang sama, dikatakan suatu organisasi jika manusia itu bekerja bersama dengan tujuan yang sama dan dengan struktur yang jelas juga dengan tugas yang berbeda beda.

Pada dasarnya organisasi-organisasi selalu memiliki unsur-unsur :

- Personil atau anggota yang menggabungkan diri kedalam ikatan formal

- Visi, yaitu pandangan atau citra para anggota mengenai keadaan organisasinya di masa depan dan tujuan, yaiut apa yang mau dicapainya yang sesuai dengan visinya tadi

- Misi organisasi, atau tugas besar yang harus diemban oleh organisasi dan tugas atau fungsi yang dibagikan kepada anggota untuk dilaksanakan.þ

- Wewenang, yang merupakan legitimasi hak bertindak tiap orang dalam melaksanakan tugas.þ

- Struktur, yang menunjukkan kedudukan tiap orang didalam kelompoknya.þ
Hubungan-hubungan, yang menjadi dasar kerjasama antar anggota.
þ
Formalitas, yaitu aturan tretulis yang mengatur semua unsur agar menjadi resmi, sehingga organisasi menjadi formal.
þ

- Sumber energi, yang mendukung gerak kelompok atau organisasi, sehingga organisasi selalu dinamis. Tak ada organisasi yang statis


- Proses kegiatan organisasi yang dilakukan oleh semua orang untuk mencapai tujuan (administrasi). Di dalam administrasi inilah adanya proses khusus yang disebut manajemen

Antara unsur-unsur ini ada saling kaitan dan saling berinteraksi, dalam arti saling mempengaruhi dan saling bergantung sehingga juga saling menentukan agar secara keseluruhan organisasi berfungsi mencapai tujuannya secara efisien.

Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah :

- Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
- Adanya tujuan
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar